Kamis, 16 Desember 2010

Kampung Konservasi Sukagalih

Jika dilihat secara umum sebenarnya tidak ada yang menarik dari kampung ini selain kondisi lingkungan yang bersih dan asri yang tidak jauh beda dengan kondisi kampung-kampung di lereng gunung dengan suasana dingin semerbak keasrian. Namun jika kita mau menelisik jauh kedalam kampung ini menyimpan banyak sekali keunikan yang sangat langka. Apa sich sebenarnya keunikan kampung ini???
Kampung ini adalah kampung yang berada di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak yang berbatasan langsung dengan kawasan yang sebenarnya terlarang untuk di “disentuh tangan manusia”. Tapi kenapa kampung ini tetap berada dikawasan ini kalau memang dilarang???? Hal ini dikarenakan masyarakat disini adalah orang – orang yang mampu menjaga kawasannya. Mereka memiliki rasa memiliki yang sangat tinggi terhadap kawasan ini, maka mereka sangat enggan untuk mengeksploitasi kawasan ini. Kerukunan dan keselarasan antara masyarakat dan alam sangat terasa, sehingga memberi kenyamanan tersendiri.
Sebenarnya nggak ada kebudayaan tersendiri dari masyarakat sekitar yang dapat ditonjolkan, namun adanya system sosial yang terjalin antar sesama warga memunculkan keunika tersendiri dari masyarakat desa Sukagalih. Jumlah masyarakat yang tidak terlalu banyak dan merupakan penduduk asli yang belum banyak terkontaminasi oleh pendatang membuat kekeluargaan di kampung ini masih sangat kental. Hubungan kekerabatan yang masih alami, rasa saling percaya antar masyarakat yang masih tinggi, pola kehidupan yang harmonis, serta pola hidup sehari – hari yang relatif sama membuat kampung ini menjadi teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar